Counterpart: Kembaran dari Dunia Pararel

Konon katanya kita itu punya kembaran sampai 7. Jangan banyak-banyak dulu. Satu saja dulu deh. Gimana rasanya, ya? Kembaran di sini sudah jelas adalah kembaran yang beda ayah dan ibu. Tidak ada hubungan darah. Kita mengenalnya dengan sebutan doppelganger

Walau penasaran ada ga, sih? Tapi saya ga mau buang-buang waktu buat nyari. Terus, gimana kalau ada orang yang beneran banget mirip kita, dari jedat sampai ujung kaki?  Tapi berasal dari dunia pararel? Bahkan orang tua dan pasangannya pun sama secara nama dan fisik. 

Ini yang dialami oleh Howard Silk, tokoh utama dalam serial Counterpart. Ia adalah seorang agen mata-mata PBB.yang bertugas di Berlin. Howard  mengalami sebuah kejadian aneh ketika sebuah kekacauan di hotel mengantarkannya berkenalan dengan seseoerang yang mirip dengannya, cuma beda nama, Prime. 
https://www.resensiefi.my.id/2021/02/counterpart-bertemu-kembaran-dari-dunia-pararel.html


Judul Serial : Counterpart 

Sutradara : keroyokan ( 10 orang, antara lain ada Justik Marks yang juga bertindak sebagai penulis cerita) 

Cast: JK Simmons (Howard Silk), Olivia Williams (Emily), Harry Lyod (Peter Quayle), Nazanin Boniadi (Clare Quayle), John Funk (Howard) Sara Serraiocco (Baldwin) 

Genre: Fiksi Ilmiah 

Produksi : 2019-2019 

Jumlah episode : 20 episode - 2 season 

Rate : 18+ 

Howard sudah bekerja selama 29 tahun di bagian antara muka di agen mata-mata PBB itu, mencoba melamar di bagian strategi. Karena suatu hal, keinginannya itu tidak tercapai. sampai kemudian Howard dihadapkan pada pilihan untuk 'melayani' Prime, kembarannya itu tadi yang datang dari dunia pararel. 

Saat itulah Howard masih belum paham dengan tugas barunya di dunia intelijen yang digelutinya itu. By the way, dari gerak-gerik, Howard yang sayang banget sama Emily istrinya itu ga ada tampang jadi seorang agen intelijen. Terlalu baik bahkan bukan tipe yang gampang main baku tembak. 

Mungkin itu juga yang membuat pengajuannya untuk pindah ke bagian strategi tidak terpenuhi. Sementera koleganya juga terkesan meremehkan Howard. Padahal dengan masa kerjanya selama hampir 30 tahun itu, reputasi Howard ga disepelekan.

Prime berusaha keras menjelaskan pada Howard kalau dirinya sungguh-sungguh kembarannya dari dunia pararel itu. Bahkan Prime mengaku kalau istrinya juga Emily yang punya wajah sama dengan Emilynya Howard  hanya nasibnya yang berbeda. 
https://www.resensiefi.my.id/2021/02/counterpart-bertemu-kembaran-dari-dunia-pararel.html

Kedatangan Prime ke dunia Howard adalah untuk mengejar seorang assasin (pembunuh elit) yang menyamar dan bretugas untuk membawanya kembali ke dunianya Prime, segera. Howard tidak punya pilihan selain harus bekerja sama menunaikan tugasnya sampai kemudian dia terseret dalam serangkaian teror yang juga membahayakan Emily yang sedang koma di rumah sakit. 

Serial Counterpart yang diceritakan dalam dua bahasa sudah memikat sejak menit-menit awal pembukanya. Dengan tone kelam membuat nuansa misterius terasa kental. Sebagai peonton kita akan tergelitik untuk terus mengikuti petualangan Howard yang terserat misteri dunia pararel yang baru saja diketahuinya. 

Prime punya analogi menarik untuk menjelaskan dunia pararel yang ditanyakan oleh Howard. Waktu itu Prime menempelkan kedua telapak kakinya dan menganalogikannya sebagai sebuah kesatuan. Pergeseran garis waktu membelah dunia jadi dua bagian dan menggambarkannya dengan telapak tangan yang terpisah. 

Dari sini kita yang merasa 'apaan sih' dunia pararel dan kenapa meski ada kesamaan  nama atau fisik, tapi situasi yang berbeda jadi tertarik sejak episode pertamanya.  Selain akting mumpuni aktor JK Simmons yang wara-wiri di beberapa film populer seperti Spider-man (2002, 2007), Kungfu Panda 3, Lala land (2016), Justice League (2017), gaya bertutur dan alur film ini membuat rumitnya dunia spionase jadi tidak terasa berat untuk dicerna. Apa yang dirasakan oleh penonton seakan diwakili oleh Howard yang merasa seperti : 

"Apaan nih? Gue sebagai spion yang udah berkarir 29 tahun kok baru tau ada urusan dunia pararel?" 

Meski punya banyak kemiripan, sesungguhnya dunia pararel di mana Prime berasal adalah dunia yang rumit dan penuh intrik. Howard tampak enggan menjalani tugas barunya yang tampak tidak masuk akal itu. Howard lalu mengenal Nadia, seorang pemain biola yang mempunyai kembaran di masa lalu. Howard yang tidak bisa berbahasa Jerman sangat terbantu oleh Nadia yang ditemuinya di sebuah bar. 
https://www.resensiefi.my.id/2021/02/counterpart-bertemu-kembaran-dari-dunia-pararel.html

Di sisi lain, Baldwin, buronan Prime juga mengincar Nadia dan membuat situasi semakin rumit saat  nyawa Emilynya juga terancanm. Tukar peran antara  Howard dan Prime dan Howard pun sampai harus dilakukan. Prime butuh waktu untuk segera menangkap  Baldwin, sementara Howard selain harus menyelamatkan Emily juga ingin menuntaskan rasa penasarannya. Semenetara seiring dengan berjalannya waktu, Prime tidak sepenuhnya jujur dengan cerita yang disampaikannya pada Prime.

Howard yang kemudian berhasil bertemu dengan Baldwin si pembunuh bayaran, dibuat galau karena urusannya bukan cuma membantu Prime mengejar buronan. Howard harus tau ada apa di dunia pararel dan membuktikan sendiri ada apa di sana. 
https://www.resensiefi.my.id/2021/02/counterpart-bertemu-kembaran-dari-dunia-pararel.html

Tidak mudah buat kita untuk menebak alur cerita serial yang masing-masing episodenya berdurasi 1 jam. Selain kejutan-kejutan yang hadir, Howard seperti berada di posisi kita sebagai penonton yang diperlakukan tidak adil. Selama karirnya sebagai seorang mata-mata, baru kali itu Howard tahu ada proyek dunia pararel, bahkan sesungguhnya sudah ada jalur diplomasinya. Menarik kan? 

Fokus Howard yang sesunnguhnya memperjuangkan Emily kembali siuman jadi  terdistraksi dengan rumit  konspirasi dunia pararel  ini seru banget buat disaksikan. Saya jamin deh teman-teman juga bakal  kepincut untuk terus menjabaninya. Apalagi situs-situs yang mereview serial ini banyak yang memberi respon positif pada serial yang tayang di apliksi nonton Mola TV. ini. Cukup bayar 12.500 saja untuk setiap bulannya untuk menyaksikan Counterpart  plus tayangan lainnya di Mola TV.


Post a Comment

20 Comments

  1. Menarik ini,pergeseran garis waktu membelah dunia jadi dua bagian dan menggambarkannya dengan telapak tangan yang terpisah...wah, gimana rasanya bertemu kembaran dari dunia yang tak sama ya. Counterpart sungguh bikin penasaran saya

    ReplyDelete
  2. Jadi penasaran nih, dunia paralel itu semuanya sama dan punya kembaran apa hanya si Howard aja, teh?

    Seru ya, ngikutin film yang bikin nebak-nebak hal-hal yang menairk gini.

    ReplyDelete
  3. Howard Silk, agen mata-mata PBB.yang bertugas di Berlin, sebuah kekacauan di hotel mengantarkannya berkenalan dengan seseoerang yang mirip dengannya.

    Ya ampuun, premisnya aja udah menarik banget ini, Teh.
    Jadi mupeng langganan Mola TV karena kepo banget dgn jalan ceritanyaaaa

    ReplyDelete
  4. Seru banget nih kayaknya. Aku udah instal mola tv tapi lama ga ubek2. Ntar kucari deh

    ReplyDelete
  5. Klo ketemu kembaran, antara ngeri tapi amazing yaa. Misalnya beneran mah. Haha
    Bisa gantiin juga nggak seh teh 😆 misalnya membobokan anak2 kitu.
    Sutradaranya banyak ya ini. Mola tv pak su ada.. coba ceki2 ntar

    ReplyDelete
  6. Apaan itu dunia paralel? Sepertinya menarik nih serialnya, ada misterinya, yang bisa bikin penonton penasaran

    ReplyDelete
  7. Tentang dunia paralel, selalu saja ada hal menarik yang bisa dijadikan cerita ya. Penulis ceritanya harus cerdas menggambarkan supaya tidak ada logika yang lepas.

    ReplyDelete
  8. Jadi penasaran kalau dunia paralel versi orang-orang Barat seperti apa dan gimana. Kayaknya nonton film ini bisa sedikit mencerahkan rasa penasaran saya.

    ReplyDelete
  9. Aku udah nonton cuplikannya. Deg-degan waktu ketemu kembarannya Trus tembak-tembakan dengan si pembunuh bayaran. Whaaa ... jadi pengen lanjutin nonton di Mola.

    ReplyDelete
  10. Kalau ada cerita 2 paralel begini selalu seru, suka inget drama yang dibintangi Lee Min Ho.

    ReplyDelete
  11. Counterpart ini menegangkan pisan ya dua kembar berbeda universe bisa kerjasama memberantas kejahatan..jadi pengen langganan Mola TV...

    ReplyDelete
  12. namanya mengingatkanku sama merek tertentu gitu aku kira awalnya ini review merk produk gitu ternyata ini adalah sebuah cerita

    ReplyDelete
  13. Kalau genrenya fantasy suka adaaa aja variabel yang tak terduganya yaa, teh..
    Ini membuat kita smeua betah nonton. Karena selalu ada jalan keluar meski uda di hadapkan dengan jalan buntu.

    ReplyDelete
  14. Waduh, asa kaingetan nih, udah lama gak buka MolaTV. Penasaran dengan dunia parallel ini. Segera buka MolaTV.

    ReplyDelete
  15. Lumayan rumit ya alur ceritanya, aku koq berasa kayak mengikuti Matrix deh meskipun tidak pake dunia paralel. Analogi kehidupannya tuh loh yang bikin rada mikir hehehe...

    ReplyDelete
  16. Lumayan rumit tapi menarik,aku jadi inget The King Eternal Monarch, heuheuheu. Tapi film kayak gini emang menuntut berpikir dan konsentrasi banget. Coba langganan Mola TV deh, murce banget ternyata.

    ReplyDelete
  17. Duh kok seru ya bacanya apalagi nontonnya
    Jadi pengen banget nonton ini. Cek aha apakah bisa ikutan atau tidak

    ReplyDelete
  18. Aku belum pernah nonton tapi kalau dunia pararel di drakor sering banget nonton, mereka yang ketemu langsung mental salah satu alias meninggal

    ReplyDelete
  19. Aku baca review ini aja sudah tertarik pengen nonton. Ini genre ya aku suka banget. Aku suka sama karakter Howard dan penasaran sama si Nadia. Kenapa dia jadi ikut diburu juga sama si buronan. Langganan molaTV murah banget ya cuma 12.500/bulan. Aku baru tahu nih mbak.

    ReplyDelete
  20. Mola TV ternyata sekarang banyak ragamnya. Saya kenal Mola hanya penyedia saluran olahraga aja, karena suami langganan layanan bola nya hahaha. Kurang update aku nih.

    ReplyDelete