Silat Boys: Cerita Lucu Murid Padepokan Gajah Duduk

Waktu  jaman  saya SD  dulu, rasanya  masih familiar  dengan  komik-komik.  Paling happening  komiknya Deni Manusia  Ikan  yang jadi sisipan  majalah anak.  Lalu  ada  serial punakawan  Cepot, Petruk dan Gareng atau serial Mimin,   Superman,  Batman dan   superhero  lainnya. 

Bergeser  ke  jaman SMP – SMA  mulai tuh serial manga  yang heboh.  Saya  sebenarnya  ga freak banget sama  komik. Apalagi  satu judul  bisa puluhan jilid  yang buat ukuran saya  yang masih sekolah rasanya  mahal.  Lebih enak pinjem  aja  hehehe .

Eh ternyata  sampai sekarang, pengaruh  manga  masih kuat  ya  dalam dunia perkomikan. Saban saya  jalan ke toko  buku,  pasti  deh tuh yang namanya komik-komik  manga  punya space  khusus,  ga yang gress  atau lagi sale.  Kebanyakan  segmen  pembaca  komik  ini  datang dari usia  anak sekolah. Ngomongin komik  dengan rasa  lokal, ternyata  ga kalah seru lho dengan  komik  luar sana. Seperti ini nih, noomic  (novel  dengan ilustrasi komik  yang  lagi  jadi trend) yang baru aja saya  baca.

Judul  :  Silat  Boys
Penulis  : Tethy Ezokanzo
Komikus :  Bagus  Wahyu Ramadhan
Penerbit : Anak Kita
Tebal : 143  Halaman
 ISBN : 602-286-023-7
Harga : IDR 30,000.00

Biar bacaannya  ditujukan  untuk  anak-anak, saya  -  yang  ga mungkin  banget kalau ngaku masih unyu-unyu -  bisa  ikut  menikmatinya. Malahan enggak bisa  berhenti  tertawa  karena  alur  ceritanya  yang gokil dan bisa-bisanya ada  ide absurd  nyelip  di noomic Silat  Boys  yang ditulis  oleh Tethy Ezokanzo dan Bagus W.R ini.

Dengan seting   padepookan persilatan,  Silat  Boys  menghadirkan tokoh  murid-murid  yang  punya karakter  unik dan guru  yang aneh bin  ajaib.   Tokoh  utama dalam  novel ini  adalah Hobe, seorang  murid  yang heboh dan  ga  bisa  berhenti  ngomong, dikirim  padepokannya  untuk  mengikuti  Silat Camp  untuk memperebutkan  hadiah  bergengsi.

Kekonyolan demi kekonyolan  dengan ilustrasi  komik  yang lebih jelas  sukses  bikin saya   ketawa ketiwi. (saran saya  jangan baca di angkot,  bisa  mati gaya karena  harus  nahan ketawa. Daripada dicap  aneh dan disuruh turun). Mulai dari audisi di padepokan dengan seleksi  yang ga nyambung,   bisa-bisanya  pesan  makan lewat delivery order waktu di hutan, atau  ada  ayam  yang frustasi  karena  kokoknya  gagal  membangunkan  orang. 

Seperti  nama padepokannya,  Hobe dan  teman-teman punya  jurus  andalan  bernama Gajah Duduk  yang  mereka  praktikan saat bertanding  untuk  menghadapi lawan-lawannya  yang tangguh. Terlepas dari hasil  yang diperoleh,  ada  moral story  yang  bisa  didapatkan oleh pembaca. Persahabatan  jauh lebih berarti dari  ambisi tanpa  menyampingkan  usaha  gigih untuk beprestasi.

Insomnia? Coba deh baca buku  ini, dijamin tambah susah tidur  hehehe... eh enggak ding,  paling enggak  bisa tidur  cantik, setelah  membaca  Silat  Boys, sambil  nunggu sequel  berikutnya. Iya, ternyata  Silat Boys  ini  dibuat berseri. Jadi penasaran  nunggu lanjutannya.  

Post a Comment

4 Comments

  1. seperti iklan sarung mbak...
    salam kenal, mampir ya..http://www.arifkancil.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya, ya. Abis tokohnya pake sarung. Sepertinya maksud komikusnya mau mengangkat konten lokal, jadi feel Indonesianya tetep dapet, ga kalah kerennya sama manga. Thank's sudah hampir Mas Arif :)

      Delete
  2. jadi penasaraaan, hihi mauu...fi, akhirnya aku juga bikin blog buku hihihi...moga istiqomah apdetnya :D

    ReplyDelete
  3. Hahaha iya nih, biar niche alias tematik. Siapa tau ditawarin job ripyu khusus buku gress :D. Yuk, lirik-lirik penerbit.

    ReplyDelete