Romulus: Intrik Dibalik Berdirinya Kota Roma

Menonton serial Romulus bikin saya bersyukur tidak dilahirkan pada zaman dulu. Seperti zaman peperangan yang pernah saya tonton di film.  Masih ingat pelajaran sejarah tentang sejarah berdirinya kota Roma?

Pasti ingat dong ungkapan ini:

Homo Homini Lupus: Manusia adalah serigala bagi manusia lainnya.

Pas banget dengan alur cerita dalam serial Romulus yang saya saksikan di aplikasi nonton baru-baru ini.



Serial Romulus yang diproduksi di Italia menceritakan kisah Romulus dan Remus  dalam versi sedikti berbeda. Si kembar di sini diceritakan punya nama Ernitos dan Yemos.  Ernitos dan Yemos digembleng di hutan dan kembali ke Alba, kerajaan kakeknya berkuasa setelah mereka dianggap cukup untuk dipersiapkan menjadi raja. 

Tadinya saya kira Romulus ini dibawakan dengan dialog berbahasa Italia, tapi kemudian baru tau lho ternyata para casting (sepertinya semuanya orang Italia semua) berdialog dengan bahasa latin kuno, sepanjang serial. 

Judul serial: Romulus

Sutradara : Michelle  Alhaique, Anrico  Maria Artale, Matteo Rovere

Tahun Produksi : 2020

Jumlah Episode: 10

Rate : 18+

Durasi : 1 jam/episode

Cast Utama:

Andrea Arcangeli (Yemos)

Mariana Fontana (Ilia)

Sergio Romana (Amulius)

Ivana Lotito (Gala)

Demetra Avincola (Deftri)

Francesco di Napoli  (Wiros)

Emilio De Marchi (Erthas)

Giovanni Buselli (Ernitos)

Vanessa Scalera ( Silvia)


Masih banyak  cast pendukung yang namanya bikin kita serasa nonton Lega Calcio alias Liga Italia itu lho hahaha. Agak ribet nyebut namanya dan sedikit pusing kalau harus hapal semua namanya. Tapi sebenarnya tokoh utama cerita di serial ini adalah Yemos, Ilia dan Wiros.


Latar Belakang Konflik:

Karena kemarau yang berkepajangan, Nurmitor, kakeknya Ernitos dan Yemos harus rela mengasingkan diri. Kata para pendeta sih ini adalah perintah dewa.  Ya udah  nurut aja, dia nitipin kedua cucunya dan pergi bersama Silvia putrinya.


Tidak  lama setelah Nurmitor dan anaknya, Silvia (ibunya Ernitos dan Yemos) pergi, hujan pun turun. Bangsa Alba yang punya 30 raja-raja kecil pada senang pengorbanan Nurmitor mmbuahkan hasil. Hujan  bukan cuma bikin Ernitos dan Yemos ngirit mandi tapi juga bikin rakyat kerajaan Alba mau minum pun susah. Bahkan minuman buat bangsawan pun udah kayak  minum air kotoran.  Saya jadi kebayang air comberan lho. Hueks...

Konspirasi Kudeta

Tapi sesungguhnya ada konspirasi jahat Amulius dan pacarnya atau selirnya (mungkin ya, karena di sini Ilia anaknya Amulius ga manggil Gala dengan sebutan ibu). Malah menurut saya Gala ini otak jahat dari kekacauan yang timbul. 

Gala bukan cuma ngomporin Amulius buat melakukan kudeta tapi juga berusaha menyingkirkan Ilia yang merupakan pacar gelapnya Ernitos.  

Ilia dan Ernitos ini udah mulai suka sejak bocah. Ilia mengabdi di kuil untuk menjaga api tetap nyala saat usianya masih 6 tahun. Sejak itu Ernitos yang 2 tahun lebih tuaan dari Ilia udah punya rasa sama gadis penjaga api ini. Malah mereka suka ketemuan diem-dieman. Pegangan tangan aja  bikin mereka seneng. 


Sebelum Amulius berkuasa, para pendeta juga meramalkan Ernitos dan Yemos bakal saling bunuh-bunuhan. Sama seperti di cerita legenda Romulus dan Remus  yang dulu pernah kita baca itu lho. Tapi di serial ini Ernitas dan Yemos menolak ramalan itu. Mereka ga berniat buat saling bunuh-bunuhan. Ilia yang sayang banget sama Ernitas pun dibuat resah takut pacar gelapnya itu tewas.

Dan memang Ernitos tewas, tapi bukan di tangan Yemos. Mereka diburu saat melarikan diri dan menjadikan Yemos sebagai tertuduhnya. Jelas lah Yemos ga bisa balik ke Alba. Ia harus kabur sambil membuktikan diri kalau dirinya tidak bersalah. 

Di tengah pelariannya, Yemos bertemu dengan kelompok bernama Luperci, di mana ada Wiros di sana. Kelak, Wiros bakal jadi sahabat Yemos selama dalam pelariannya. Padahal Wiros ini adalah tipikal manusia oportunis yang culas dan suka memutarbalikan fakta. Entahlah, walaupun Yemos tau Wiros suka ngarang-ngarang, tapi Yemos lebih memilih Wiros jadi teman pelariannya.


Pengalaman Menonton

Walau telinga kita tidak biasa mendengar dialog  film dengan bahasa latin, ini ga mengganggu keasik nonton lho. Malah Romulus berusaha menghadirkan suasana Romawi kuno  lebih kental ke dalam film. Ditambah lagi dengan pemilihan kostum  dan artistik pendukung yang mewakili suasana pada masanya.  

Scene ketika Wiros diolok-olok oleh temannya kelompok The Luperci cukup menggambarkan betapa kerasnya hidup pada masa itu.  Yang kuat yang berkuasa. Serigala bagi yang lain. Tapi yang bodoh tidak selalu jadi budak juga. Buktinya ya Si Wiros ini, dia bisa licik juga meski secara fisik mudah saja buat dihabisi.

Romulus  juga cukup sukses menghadirkan suasana dark bukan cuma dari tone serial yang gelap dan tapi juga banyak adegan-adegan yang mungkin bisa bikin kita nutup mata karena segitu mruahnya nyawa manusia untuk dihilangkan.  Adegan mata Nurmitor dibuat buta pun cukup sadis dan bikin linu. Makanya serial ini dilabeli 18+ karena banyak unsur kekerasan. Di beberapa scene juga muncul adegan intim, meski cuma sebentar.


Terlepas dari itu semua, Romulus ini akan membuat kita penasaran. Bukan hanya bagaimana Yemos membuktikan dirinya tidak bersalah tapi juga  bagaimana Wiros bikin ulah, dan bagaimana Ilia menuntaskan dendam menuntut keadilan jadi ending yang layak buat kita tunggu. 

Ah ya tentu saja  jangan lupa, meski hidup  begitu keras, masih ada orang-orang setia yang seperti Ertas dan anak buahnya yang tidak percaya dengan tuduhan terhadap Yemos.   

Serial sepanjang  satu season dengan 10 episode ini bisa kita saksikan di Mola TV. Bisa kita saksikan lewat HP atau televise hanya dengan membayar 12.500 saja setiap bulannya. Bisa bayar pake  transfer/virtual account atau potong saldo OVO.

Liburan akhir  tahun ga ke mana-mana masih bisa kita nikmati dengan nonton Romulus dan serial atau film lainnya di Mola TV dengan biaya yang murah.

Yuk, instal dan berlangganan sekarang!








Post a Comment

24 Comments

  1. Whoaa, bahasa latin kuno! Pastinya makin 'eksotis' gitu yaaa, kalo menyimak dialog yg ada di tayagan ini. Menarik banget! Bisa jadi alternatif tontonan weekend ntar nih
    makasiii Teteh :D

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget sama pelem2 Romawi Kuno beginian, kisah2nya suka beda, cuma kbayang kalo nonton ga ada translatenya, 10 episode pula, tapi seru juga nih. Ku belom instal Mola TV, lumayan nih buat hiburan di rumah ya kk Epii.

    ReplyDelete
  3. wah nggak cuma setting suasananya aja, bahkan bahasa yang digunakan pun latin kuno. Benar-benar penonton di bawa ke masa lalu ya mbak.

    Langganan mola TV cuma 12.500 per bulan? Murah banget, setara semangkok bakso aja

    ReplyDelete
  4. Nha akutuh agak kesusahan menghapal nama2 romawi fi..
    Mirip2 gitu euy...
    To peradaban lama macam romawi memang seru untuk jd pengetahuan apalagi klo dikemas dlm bentuk film gini ya. Ga ada habisnya deh... Ide yg bs digali dr sejarah masa lalu romawi

    ReplyDelete
  5. Ini keren juga karena pakai bahasa latin. Jarang juga kan ya film pakai bahasa ini. Dan film kalau ada latar belakang sejarah bisanya saya suka

    ReplyDelete
  6. Wah, filmnya sepertinya seru banget ya mba. Jadi pengin ikutan nonton euy..Melihat peradaban di masa lampau tentu mengasyikkan

    ReplyDelete
  7. Serius nih bayaran tiap bulannya hanya 12.500 Mola TV? Wah asyik banget deh pantesan teh Efi demen ngendon wae nonton macam2 film hihihi. Termasuk Romula ini, kayak klasik tapi kekar2 gitu kayaknya orangnya mau bertarung gitu kali ya?

    ReplyDelete
  8. Noted 18+ ya teh.. aku udah lama nggak nonton genre ini. Trus dari screenshotnya kental bgt romawinya teh. Mola tv si bapack di rumah langganan buat ngebola euy ntar aku pinjem nongton ini coba

    ReplyDelete
  9. aku sudah nonton serial ini mbak
    beneran bagus, jadi bisa tahu sedikit banyak tentang sejarah roma
    btw aku juga uda tiga bulan terakhir ini langganan mola tv, harganya terjangakau pilihan tontonannya pun beragam

    ReplyDelete
  10. Sekarang banyak banget ya Teh pilihan tv online dengan harga langganan terjangkau, acaranya pun bagus-bagus. Mola TV ini salah satunya, sajian film dan dramanya bagus-bagus

    ReplyDelete
  11. Pas banget, aku pingin nonton Mola TV karena banyak film untuk anak-anak juga ya. Konfliknya inget kisah Romeo dan Juliet,

    ReplyDelete
  12. Jaman dulu kisahnya ngeri, ya. Banyak sekali kekerasan yang keji dilakukan. Intrik perebutan kekuasan digambarkan secara jelas dan gamblang. Tapi drama sejarah ini bagus untuk pengetahuan kita tentang sejarah berdirinya kota Roma yang terkenal itu.

    ReplyDelete
  13. Duh pilem di Mola tuh bagus-bagus ya teh... Pengen banget nih nonton Romulus..suka sama cerita2 ala jaman dahulu yang epic gini

    ReplyDelete
  14. aku suka lhooo mba nonton film atau mini series yang didasari leh sejarah. Apalagi yang intriguing model Romulus ini

    ReplyDelete
  15. Aku jadi kangen nonton Kega Calcio, jaman dari kuliah sampai nikah rutin nonton tapi sejak punya anak udah harus berhenti gak kuat lagi nonton malam.
    Bagus juga filmnya ya berlatar belakang sejarang, bisa nonton di Mola TV ya, mumpung masih ada langganan sebulan nonton ah

    ReplyDelete
  16. Wah, dialognya Bahasa Latin Kuno...dan namanya susah dihapal . Aku suka serial berbau sejarah begini meski enggak siap dengan adegan keekerasan yang ada dan biasa tutup mata haha. Tapi Romulus bisa jadi hiburan di tengah aneka genre film dan drama yang ada apalagi Mola TV ahanya 12500 sebulannya...murah bangets

    ReplyDelete
  17. Wiih asik banget teh pake Mola TV bayarnya cuma 12500 aja sebulan. Seneng jadinya ya bisa nonton series favorit. Jujur aku beda selera sama teh Efi yang suka film-film tema romawi kayak gini. Hahaha. Ada drakor nggak sih teh Mola TV?

    ReplyDelete
  18. Aku kadang juga suka nih nontontentang kerajaan kerajaan gini, ceritanya beda dan seru yaaaa.. Pas bener langganan mola TV aku dah abis, nanti langsung mau perpanjang ah.. hihi

    ReplyDelete
  19. Manusia adl serigala bagi manusia lainnya. Istilah ini baru terngiang lg di kepala aku ktk nonton girl from no where kemarin mba. Pas baca ini makin makjleb. Aku sk jenis film gini mba. Dr kmrn pengen nganu mola kok pending mulu ya aku. Padahal murah benerr inii

    ReplyDelete
  20. Wah teh Efi suka film seperti ini ya
    Aku masih berusaha mencintai
    Karena kata temanku juga, banyak wawasan yang bisa diperoleh

    ReplyDelete
  21. Aku suka teh sama yg latino2 gitu dah malah pengin belajar bahasanya juga Apalagi klo sambil nonton film yg ada latar sejarahnya gitu tambah asiik. .. Mau nonton juga ah

    ReplyDelete
  22. Menarik dan bikin pemasaran endingnya. Suka dengan cerita berlatar belakang sejarah gini. Bikin penasaran dengan kisah yang sebenarnya jadi rajin googling juga

    ReplyDelete
  23. Aku juga suka nonton film dengan tema sejarah, sedikit intrik, romantika dan tata busana pada zaman dulu.

    Apalagi kalau chemistry di antara aktor dan aktrisnya, dapat banget, dijamin bikin susah move on.


    ReplyDelete
  24. nah, loh Mola Tv lagi gak langganan, hahaha. Terima kasih atas reviewnya, next kalo ada duit langganan lagi deh

    ReplyDelete