Nine Lives, Tukar Nyawa Sama Kucing

Percaya ga kalau kucing punya nyawa cadangan?

Semacam mitos 9 nyawa yang sering kita dengar itu.  Kalau bener iya, mau ga tuker nyawa sama mereka? Saya pernah bercanda ngomong gitu sama teteh ART di rumah.

Gini jawabannya:

"Ga mau ah, teh"

"Kan ada nyawa cadangan. Banyak lho"

"Ogah. Biar nyawanya banyak, tapi makanan kucing mah segitu-gitu aja. Ga bisa makan seblak"


Coba,  seblak ! muahaha saya ketawa.

Kucing angora yang biasa makan R*y*l C**i* mungkin bakal sebel dengernya, ya.  Mana mau mereka dikasih seblak, meski yang premium.

Guys, kalau dikasih kucing lucu yang punya 9 nyawa tapi kelakukannya nyebelin, mau ga? 



Seperti  kelakuan kucing bernama Mr Fuzzypants dalam film Nine Lives . Film besutan Barry Sonnenfeld. Itu lho, sutradaranya film Men In Black yang dibintangi sama Will Smith.

Kali ini dalam  filmnya yang diproduksi tahun 2016, Barry menggandeng Kevin Spacey (Lex Luthor: Superman Returns 2006), berperan sebagai Tom Brand, seorang pengusaha yang jiwanya terjebak dalam seekor kucing.

Mengusung genre komedi keluarga berbalut fantasi, konflilk Nine Lives dimulai ketika Rebecca Brand (Melina Weissman), putri dari Tom meminta hadiah ulang tahun berupa kucing. 

Tom yang kaya raya tajir melintir sebenarnya kurang suka dengan rikues hadiah ultah nan sederhana dari putrinya itu, secara dia sangat membenci kucing. Demi sayangnya pada putrinya itu, Tom nurutin deh maunya. Itu pun setelah dia  dibawelin istrinya, Lara Brand (Jenifer Garner).

Dalam perjalanan pulang ke rumah, Tom akhirnya mampir ke  Purrkins, toko miliknya Mr Perkins (Christopher Walken, yang maen di film Batman Returns sebagai Max Shreck) untuk membeli seekor kucing.


Sebenernya nih, buat para cat lovers, kucing-kucingnya Purrkins itu lucu-lucu. Gemesin semua.  Pengen deh diborong deh, bawa pulang. Tapi kan, mahal ya? Repot pula.  Tapi  Tom yang angkuh, kucing-kucingnya ga ada yang menarik. Kayak jijik. 

Ini bikin kesel Perkins dan membuat lelaki tua itu pengen kasih pelajaran sama Tom yang jumawa sama kekayaannya.  

Waktu Tom lagi milih-milih, ia disamperin sama seekor kucing hutan Norwegian nan gemes. Tomnya belike: "hiiiy apaan sih deket-deket?" 

Perkins bilang sama Tom kalau dia harus menerima kucing ini. Gini katanya:

"Kau tak bisa memilih kucing, hanya sebaliknya. Dia tertarik dengan jiwa yang bermasalah"

By the way jadi inget ceritanya Raditya Dika waktu nyari kucing di breeder. Omongan yang kurang lebih sama juga dibilang dari Breedernya ke Raditya Dika. Cuma, dia ga dibilang Raditya itu  lagi bermasalah:) 

Buat yang penyayang kucing dialog ini mesti related. Pernah ga ketemu kucing yang somsenya bikin jengkel tapi dengan mudahnya dia leyeh-leyeh manja sama orang tertentu?

Balik lagi ke cerita.

Dengan dongkol, Tom pulang membawa kucing yang akhirnya dikasih nama Mr Fuzzypants itu untuk diberikan pada Rebecca.  Tapi kemudian sesuatu terjadi saat Tom dalam perjalanan pulang ke rumah. Mereka bertukar nyawa dalam sebuah insiden. Tom kembali ke rumah yang terjebak dalam tubuh  Mr Fuzzypants.


Tom panik. Dia berusaha keras ngasih kode sama keluarganya kalau dirinya sekarang itu adalah seekor kucing.  Bentuk frustasi Tom terasa banget ketika voice overnya terekspresikan dengan baik lewat mimik wajah kucing  ini. 

Coba lihat, biar mukanya kesel tapi tetep gemesin dan bikin pengen uyel-uyelin gitu, kan?

Rebecca ga nyadar dia lagi nguyelin bapaknya :D

Tom berpacu dengan waktu agar bisa kembali ke tubuh aslinya. Kalau gagal,  dia akan terjebak selamanya dalam tubuh kucing itu. 

Oh tidaaak. 
Tom ga rela. Dia pun coba berdamai dan berusaha menuntun Rebecca dan anak  tertuanya, David (Robbie Amel) untuk mennyelesaikan misi aneh dan berat itu.
 

Wait, kaget ga lihat tampang David yang jauh lebih tua dari Rebecca?

Ini karena David adalah anaknya Tom dari istrinya yang pertama. Selisih usianya lumayan jauh, sekitar 17 tahun. Selain Tom yang sibuk berpacu dengan melodi eh waktu, film ini juga mengangkat konflik dalam keluarga Tom. Baik antara istri sekarang dan mantan istri yang rese, juga susah payahnya David meyakinkan ayahnya kalau dia adalah calon penerus bisnis raksasa ayahnya itu. 

Malangnya David, dia sering diremehkan ayahnya.  Sementara di perusahaan milik Tom juga sedang terjadi kudeta yang dilakukan oleh Ian Cox (Mark Consuelos).  Ambisius dan otoriternya Tom cuma bisa dijinakkan (kucing kali ah) sama Lara yang ngemong. Dari tampang sih Lara lebih cocok jadi anak,  dibanding sebagai istrinya.

Sisi keibuan  Lara juga terlihat ketika Rebecca sedih lihat ayahnya dirawat di rumah sakit. Waktu Rebecca nanya kapan ayahnya pulang, dengan santainya dia bilang kalau Tom sedang tidur dan ngajak putrinya itu untuk pulang. Ya gimana ga klepek-klepek coba,  Tom dikasih istri yang cantik, baik, ngemong dan pintar macam Lara gini?

Dari sisi komedi, lelucon di Nine Lives ini akan terasa lebih relate  buat penonton yang suka sama kucing. Semisal ketika Mr Fuzzypants dengan badungnya nekat membuka botol wine dan menjilatnya sampai teler , pup seenaknya di mana saja atau ekspresi sebalnya ketika Rebecca mendandaninya dengan pita.


Nine Lives ini bisa disaksikan di Mola TV atau rental di Vidio.com.  Dengan rate sebagai film keluarga, bisa banget ngajakin bocah di rumah nonton selama kurang lebih 1 jam 26 menit. 

Saya sih punya feeling kalau penonton bakal jatuh cinta sama wajah-wajah menawan pemeran Lara, David, Rebecca dan tentu saja si kucing, Mr Fuzzypants.  Saya belum dapat infonya seperti apa proses directing film ini mengarahkan kucing hutan Norwegia itu.  Actingnya waktu bikin ulah atau lagi kesel jadi salah satu nyawa film ini.  

Pegembangan cerita Nine Lives memang ga  se-wah gagasannya. Alur dan plotnya seperti kebayakan film keluarga bertema fantasi, tapi  di mata saya Kevin Spacey berhasil membayar kepercayaan yang diberikan untuk memerankan  Tom atau mengisi suara buat Mr Fuzzypants. 

Terlepas dari rating kurang  yang dikasih pengamat di beberapa situs review film,  menurunkan ekspektasi  membuat kita lebih santai menonton Nine Lives sebagai film hiburan bersama keluarga.  


Jadi sisa berapa lagi ya sisa nyawa Mr Fuzzypants? Pastinya jawabannya ada di film ini.

Post a Comment

34 Comments

  1. Kayaknya seru ya filmnya Teh, aku tuh kalau ada film yg kisahnya binatang gini pengen nonton, ntar deh coba liat2 spoilernya dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau trailernya banyak di youtube. Biasanya tiap film yang rilis mereka bakal unggah trailernya di youtube. Kalau spoiler maksudnya ujung cerita sih jangan dicari, Mak. Ga seru kalau udah tau endingnya kayak gimana :)

      Delete
  2. Semenyebalkan apapun kalo mukanya kucing tetep pengen uyel uyel hahhaa. Di Mola ya nontonnya, saya langganannya Iqyi teh, nanti nyari ah semoga ada, soalnya anak anak juga suka kucing :D. fantasinya dapet banget kalau udah main tukar menukar jiwa ini. Teh.. kalo seblak itu ya yang makan yang ngerawat kucing wwkkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecuali toping seblaknya full iga dan pedesnya level nol, kucing masih mau kali ya hahaha

      Delete
  3. I have watched this movie as well and for sure it is very entertaining yaa mba. Mana kucingnya lucu - lucu bangeeet lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mpusnya si Mr Fuzzypants lucu amet. Pengen punya juga tapi ga sanggup biayainnya aku hihihi

      Delete
  4. Hahaha...iya, aku tuh ngerasa kalau kucing itu kayak punya nyawa cadangan, jatuh berkali-kali patah kaki tetap aja sehat lagi, kejadian juga nih ada kucing kampung nan liar yang sering ke rumah dan aku kasih makan, udah sakit parah kirain mau pamit ternyata tetep sehat sampai sekarang. Harus nonton nih filmnya bareng anak-anak, apalagi saat pandemi ini lebih nyaman nonton film yang ada unsur komedinya, buat hiburan biar ngak pusing tentang Covid-19.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pas jatuh mungki dia bisa mendarat tanpa cedera karena ada paw alias bantalannya itu ya, Mak. Kalau sakit terus sehat lagi aku belum ngalamin. Kucing-kucingku kalau sakit parah ga lama setelahnya mati. Terutama yang kitten nih hiks hiks

      Delete
  5. ini lucuu cuplikan filmnya. mirip kayak film molly waktu kecil dulu judulnya honey i shrunk the kid.. lucuu juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah nonton film Honey I Shrunk the Kid. Seingetku di situ tokoh manusianay berubah jadi seukuran serangganya ya, mak

      Delete
  6. Fim genre keluarga, dengan tokoh yang family man gini menarik mbak. Apalagi si Bapak "terjebak"di dalam tubuh kucing, binatang yg notabene tdk disukainya. Bakalan banyak adegan yg bikin gemes ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapaknya ga ada family mannya sama sekali sih, Mak. Dia sibuk nyari cuan :D

      Delete
  7. Penasaran nih sisa nyawa Mr. Fuzzypants. Sering banget denger istilah kucing punya 9 nyawa.
    Nonton ini di Mola TV ya teh. Menarik juga buat nobar sama anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ga ngerti kenapa dibilang 9. Kenapa ga 11, 20 kek atau berapa ya hahaha

      Delete
  8. Wuih, jadi ngebayangin kalo punya nyawa cadangan pasti gak punya rasa khawatir atau was-was gitu ya. Jadi santuy gitu hidupnya, gak takut sama apapun termasuk gak takut sama kematian. Mungkin lho, ya. Tapi karena film ini dikemas dengan genre komedi pasti lebih ringan dan asyik nontonnya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ngelamar kerjaan jadi stuntman, Mak hahahaha eh tapi ngeri sih ya kalau ga tau secara pasti sisa nyawa kayak kalau lagi maen games gitu. Ya kali kayak air minum, bisa direfill hahaha apaan sih

      Delete
  9. Itu kucingnya meni lucuuuu. Gemees pengen diuyel-uyel.
    Jadi penasaran ingin nonton filmnya, pasti seru ya, kalau ada pertukaran jiwa, gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo nonton sama anak-anak, Teh. Kalau suka sama kucing bakal merasa related

      Delete
  10. wah sebagai cat lover aku harus nonton film ini
    kucingnya lucu ya teh, pelihara kucing itu memang repot tapi bisa jadi stress rilis juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya katanya gitu, Mak. Meluk kucing atau elus-elusin mereka bisa membantu melepas stress

      Delete
  11. ih seru nih Teh kayanya Nine Lives iniii. Kayanya aku pernah nonton sekilas tapi nggak sampe tuntassss. Hihihi. Seru nih filmnya buat ditonton bareng keluarga pas family time yaaaaaa

    ReplyDelete
  12. Kucingnya gemes banget... Aku termasuk cat lovers, sepertinya film ini bakal jadi wishlist setelah namatin drakor nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masukin ke wishlis, Mak. Nontonnya ga pake lama. Sekali nonton juga bisa selesai

      Delete
  13. wuiih imut sekali kucing2nya, gimana tuh usaha pengarah gaya, hahaha. btw kalo soal kucing banyak nyawa, di rumah kami sudah beredar rumornya sejak lama, hahaha. kami suka kucing, nanti bolehlah ditonton film ini mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga yang bikin aku penasaran, gimana caranya kucig ini bisa berakting. Keknya ada pawangnya sih. Halah, pawang hahaha

      Delete
  14. belom nontoooon kayaknya kudu nonton secara tentang meong. tapi muka kucingnya bisaan ya mak. aku suka terpana klo ada tokoh kucing. secara lebih riwil daripda anak kecil xD
    Bisa ditonton bareng ini sama anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lebih rempong pas syuting pastinya.Belum kalau kucingnya lagi jual mahal. Bebas lah bos bulu mah :D

      Delete
  15. Ending sisa nyawa dari Mr Fuzzypants bisa dijadikan pertanyaan giveaway gak teh?
    Hahaha...aku suka kalau settingnya mevvah begini, plus yaa...ada hubungannya sama kucing.
    Jadi mengingatkanku sama dramanya Sehun yang berubah jadi kucing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beneran ada nyawa banyak, dia kayaknya ga mau berbagi nyawa. Sama makanan aja dia belum tentu berbagi :)

      Delete
  16. Kyaaa penasaran aku suka banget kucing mba Efi jadi pengen nonton. Bener banget kucing mitosnya ada nyawa 9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau cat lovers pasti enjoy nonton filmnya ini

      Delete
  17. Iya sih percaya atau tidak percaya kucing memiliki nyawa cadangan, haha kaya persepakbolaan yg memiliki pemain cadangan. Iya sih melihat alur filmnya sepertinya bagus ditonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga ga percaya, Mak. Mereka memang mahluk tuhan yang beruntung, ya

      Delete