Review Serial Sitkom Mind Your Languange

Buat saya, praktik langsung  berdialog biar bisa cas cis cus ini adalah PR banget. Ga gampang menemukan partner belajar bahasa Inggris buat melatih pengucapan dan pendengaran. 

Siapa yang merasa pendengarannya baik-baik saja tapi ternyata masih salah? Dari beberapa hal yang saya pelajari ya karena perbendaharaan alias kosa kata kita ga berkembang. Jadinya pemahaman kita mengasosiasikan yang kita dengar degan informasi yang kita miliki. Setuju, ya?

Disamping mendengarkan lagu, nonton tayangan berbahasa Inggris adalah cara lain untuk mempercepat dan pemahaman kita dalam berbahasa Inggris. 

Dulu saya seneng banget sama serial Friends. Naskahnya keren banget karena mengenalkan kita pada hal-hal baru seputar grammarnya Inggris dan pastinya ngerti juga istilah-istilah sehari-hari yang kalau kita cari bolak balik di kamus tetep ga mudeng. Hayo, lho.

Selain serial Friends, saya mau kasih rekomendasi satu lagi serial buat belajar bahasa Inggris: Mind Your Languange. 

Serial ini memang udah lawas produksinya, tahun 1977. Tapi jangan salah, naskah ceritanya juga ga kalah apik buat membantu kita memahami bahasa Inggris. Serunya, jokes-jokes di serial ini tetap relevan sampai sekarang.

Serial ini bercerita tentang para imigran yang belajar bahasa Inggris di kelas khusus. Semacam kelas karyawan gitu.

Mari kenalan dengan para tokoh utamanya. 

Mr Brown

Karakter utama di serial ini adalah Mr Brown yang menjadi pengajar di kelas bahasa Inggris ini. Mr Brown diperankan oleh Barry Evans, aktor kelahiran  18 Juni 1943. Kalau lihat potongan rambutnya bikin saya inget model rambut para personilnya The Beatles. Di tahun 70an memang band dari Liverpool itu lagi jaya-jayanya. 

Mr Brown kerap terlihat berusaha keras menahan senyum tiap nanggepin ketengilan murid-muridnya. Kalau satu timleine sama dia, saya naksir deh hahaha. Senyumnya itu lho bikin tersipu wkwkwk....

Ali Nadim

Dino Shafeek memerankan tokoh Ali yang berasal dari Lahor, Pakistan. Ali ini komikal banget.  Hobinya berantem sama Ranjeet.  

Muka selalu terlihat lugu dan kerap melontarkan pertanyaan lucu dan konyol. Misalnya waktu ketemu Miss Courtney,  kepala sekolah di tempat kursus. Ali menyapa Miss yang kacamatanya kayak pantat botol itu begini:


"Squeeze me please, lady"

Miss Courtney auto keluar judesnya. Tapi masih bisa nahan diri terus komentar gini,  "you're early". Eh Ali malah komen begini, "No. I'am Ali". 

Miss Courtney kayaknya pengen jitakin Ali tapi dsabar-sabarin. Terus dia nanya, "I beg you pardon?" Dialog selanjutnya bisa bikin Miss malah makin naik darah.  

Ciri khas Ali adalah selalu mengucapkan kata kerja dalam bentuk veb + ing, suka mengucapkan Jelly good dan  Blimey. Ia juga suka menggeleng-gelengkan kepala seperti di film-film India. Walau ngeselin, susah buat memarahinya.

Giovanni Cupello

Giovanni seorang  chef, berasal dari Italia. Seperti temannya - Max, Giovanni yang berambut ikal ini tipe sok ganteng dan genit. Model cowok Cassanova, alias playboy. 

Giovanni sangat berjasa untuk membantu menerjemahkan ucapan Juan yang selalu kelepasan pake bahasa Spanyol. Itu pun pake ngambek-ngambek dulu sama Juan.

Ada adegan lucu waktu dia nyerocos ngomong dan menyapa gurunya Mr Green dan dikoreksi oleh Mr Borwn. Dengan santainya Giovanni bilang, "You see? I'am color blind."

Max

Nama aslinya panjang dan bikin males untuk mengingat. Maximilian Andrea Archimedes Papandrious.  Max adalah seorang warga negara Yunani dan bekerja di sebuah kapal. 

Saat perkenalannya dengan Mr Brown, Max menyebut tempat bekerjanya dengan kata sheep, tentu saja artinya jauh berbeda. Akhirnya Max punya cara unik untuk menjelaskan seperti apa pekerjaannya. 

Max dan  Giovanni  sama-sama jatuh cinta pada Danielle,  cewek Perancis yang juga murid kelasnya Mr Brown. Keduanya kerap berantem gara-gara Danielle. Daniellenya? Cuek banget ga peduli.  

Anna Schmidt

Walau ekspresi mukanya keras dan mengingatkan kita pada militer Jerman, Ana punya sisi lucu tersendiri. Anna tipe seorang warga Jerman yang sangat nasionalis. Caranya menanggapi perbedaan tetap saja membuat penonton tertawa dibuatnya. 

Jamila

Hobinya merajut. Cantik tapi budek dan lemot. Saat perkenalan pertama di kelas, Mr Brown sampai membuat bahasa tubuh untuk menanyakan namanya.  lalu beranjak dari kursi sambil tetap membawa rajutan dan tasnya. Kesannya mau keluar seolah-olah salah kelas tapi kemudian ia menuliskan namanya di papan dengan aksara yang tidak dimengerti Mr Brown.

Juan

"Por Favor?"

Dua kata itu adalah signaturenya Juan. Kalau Jamila kesannya lemot, Juan rada mendingan. Juan adalah juaranya plot twist kalau ngobrol. 

Saat ngobrol sama Juan harus disimak baik-baik sampai  habis biar ga kesel atau naik darah. Kalau Mr Brown cuma senyum-senyum aja, Mr Courtney bakal bete dan pengen segera pergi biar ga darah tinggi.

Dalam satu permainan, Juan diminta menyebutkan contoh kata dari huruf H.  Juan menjawabnya dengan Huly. Mr Brown bingung terus Juan nyebutin nama-nama bulan: April, Mei,  Hune disusul dengan Huly.  Dalam ejaan Spanyol, huruf J memang bunyinya jadi H. Ga salah, kan? 

Taro

Murid paling senior di kelas ini. Udah opa-opa soalnya. Taro sangat sopan, selalu membungkukan badannya kalau ditanya. Tapi tetep aja dia punya kelucuan tersendiri. Bersama Ana dan Su Lee Taro kerap berantem membanggakan kehebatan negaranya. 

Taro kadang berlebihan kalau sudah membungkuk tanda hormat. Sampai-sampai kepalanya dan kepala Mr Brown kejedot karena Mr Brown akan balas membungkuk untuk menghormatinya. Kocak tapi ekspresi Taro lempeng-lempeng aja.

Su Lee

Seorang nasionalis Cina yang  emosian dan suka nyolot ini punya masalah semacam disleksia. Ia selalu tertukar mengucapkan kata-kata yang mengandung huruf R atau L. 

Su Lee juga salah satu murid yang bikin gedek Miss Courtney karena speakingnya bikin gemes untuk dikoreksi.  Misalnya ketika dia kaget waktu Mr Brown akan berhenti mengajar, Su Lee dengan ekspresi polosnya berseru, "Velly solly to roose you.


Ranjeet 

"Thousand apologies" adalah kata-kata andalannya kalau memulai percakapan. Tapi ini ga berlaku kalau ngomong sama Ali Nadim. Ranjeet ga sudi. 

Ngomong sama Ranjeet pun harus jelas dan detil. Misalnya waktu Mr Brown nanya what is the capital of England? Ranjeet dengan polosnya bilang, "E!" Mr Brown mengoreksi pertanyaannya. "The capital city." Baru deh Ranjeet menjawab dengan benar.


Satu waktu Ranjeet diminta menyebutkan satu kata tentang dirinya. Ali yang duduk di depannya nyeletuk, "stupid!"  Ranjeet ngambek dan mengumpat. Mr Brown berusaha memisahkan keduanya yang udah mulai memaki-maki  dan hampir saling pukul. 

Danielle

Si cantik  dari Perancis yang cuek dan centil. Suka bikin heboh kelasnya. Diam-diam Mr Brown juga suka sama Danielle tapi ditahannya.

Miss Courtney

Kepala sekolah yang menyebalkan dan dibenci murid-muridnya Mr Brown. Miss Courtney ini awalnya berharap kalau yang akan mengajar bahasa Inggris adalah seorang perempuan. Ia sempet menyangsikan Mr Brown bisa bertahan lama menghadapi tingkah Ali dkk yang bikin pening. 

Tapi ternyata Miss Courtney keliru. Mr Brown malah disayangi murid-muridnya. Nyebelin banget pokoknya. Walau ga bertugas untuk melucu, ekspresi kesalnya adalah bagian paling ditunggu setiap kehadirannya.

Aslinya Miss Courtney ini cantik banget ya

Meskipun buatan Inggris, aksen Britishnya pun cukup kentara tapi pengucapan mereka sangat jelas dan mudah ditangkap. 

Susunan katanya ga banyak waktu buat lihat kamus namun memberi pemahaman baru dengan cara yang sederhana.. Misalnya saja ketika Ali dminta menyebutkan contoh seasons, dengan santainya Ali menjawab: "salt and pepper." Miss Courtney protes dan mengomentari kalau yang Ali bilang itu adalah seasoning, bukan season. 

Walau udah nonton serial ini atau potongan-potongan serialnya di instagram saya ga pernah bosan buat nontonin sampai habis dan tetep aja ketawa dibuatnya. 

Sebagian cast di serial ini sudah meninggal. Seperti Barry Evans yang hidupnya berakhir tragis dan meninggalkan teka-teki. Sementara pemeran lainnya antara lain Jamila, Danielle, Ranjeet, Max dan Giovanni masih hidup dan masih sehat di usia senjanya.

Teman-teman bisa menemukan serial ini di youtube lengkap 4 season dari awal sampai akhir. Dijamin deh selain puas ketawa-ketiwi juga nambah kosa kata baru dari mereka. 

Sumber gambar-gambar dari:
 imdb, dailymotion & wiki fandom


Post a Comment

0 Comments